Minggu, 11 September 2011

GLBB

Contoh Soal Penguasaan Rumus GLBB

 Sebuah motor dapat bergerak lurus berubah beraturan dengan kecepatan awal vo = 10 m/s dan percepatannya a = 1 m/s2 . Dengan memanfaatkan sifat mandiri dan potensi akademik yang diberikan Allah kepada anda, maka hitunglah kecepatan (v )dan perpindahannya (s ) motor setelah t = 5 sekon!

Jawab: Dengan menerapkan persamaan (v = vo + at) dan (s = so + vo t + ½ at2) , maka diperoleh v = 15 m/s dan s = 62,5 m.

Pengembangan Soal untuk menguasai rumus GLBB:Contoh Soal di atas diubah redaksinya dengan memisalkan besaran lain yang dicari (Yang diketahui sebelumnya sekarang menjadi dicari)



Soal Pengembangannya menjadi:

 Dalam waktu 5 sekon sebuah motor dapat bergerak lurus berubah beraturan dengan kecepatan v = 15 m/s dan perpindahannya 62,5 m . Dengan memanfaatkan sifat mandiri dan potensi akademik yang diberikan Allah kepada anda, maka hitunglah percepatan (a) dan kecepatan awal (vo )tersebut!

Jawab: Dengan menerapkan rumus s = so + vo t + ½ at2 dan v = vo + at dan s = so + vo t + ½ at2, maka diperoleh a = 1 m/s2 dan vo = 10 m/s .

Catatan : - Pengembangan (awalnya dicontohkan oleh guru dan selanjutnya menjadi tugas siswa)

- Soal-soal yang sudah ada terus dikembangkan hingga para siswa menguasai rumus tersebut

- Semua rumus Fisika dapat dibuatkan soal dan pengembangannya lewat selembar kertas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar